TANAMAN APOTIK HIDUP

Posted: September 22, 2011 in Pernah bikin, Yang penting Sehat
Tag:, , ,


  1. A.     Pengertian
Apotek hidup adalah suatu tempat atau sebagian lahan untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari.
  1. B.     Macam-Macam Tanaman Apotek Hidup
Ada beberapa jenis tanaman yang bisa dikategorikan tanaman apotik hidup, diantaranya:

  1. 1.        TEMULAWAK 
Temulawak : merupakan tanaman obat yang sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat jawa. Temulawak merupakan tumbuhan asli Indonesia dan memiliki khasiat yang lengkap. Temulawak atau juga disebut Curcuma biasanya diberikan kepada anak anak untuk menambah nafsu makan mereka.
  1. a.             Menghilangkan flek-flek hitam pada wajah dan kandungan minyak atsirinya dengan membuat maskeran. 
  2. b.             memperlancar ASI pada wanita yang menyusui. 
  3. c.              mengobati penyakit hati atau penyakit liver
  4. d.             menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena dalam temulawak terdapat kandungan kurkumin yang dapat menyehatkan hati. 
Sama seperti jahe dan kencur, cara mengkonsumsi temulawak adalah dengan diparut dan diambil sari airnya.
  1. 2.        JAHE
  2. a.      Impoten/Lemah Syahwat. 
Caranya: 2 rimpang sebesar ibu jari sudah dicuci, 1 butir jeruk nipis, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 sendok makan madu, sedikit bubuk merica. Parut rimpang jahe dan tambahkan 1 gelas air masak lalu diperas. Tambahkan air jeruk nipis dan kuning telur kemudian dicampur dengan semua bahan lainnya. Aduk sampai merata dan diminum seminggu sekali.
  1. b.      Batuk. 
Caranya: 3 rimpang sebesar ibu jari sudah dicuci direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih dan menyisakan 1 gelas. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
  1. c.       Pegal dan Linu.
Caranya: 2 rimpang jahe, 2 gelas susu segar. Rimpang dicuci lalu dibakar dan dikuliti. Rimpang dimemarkan kemudian direbus dengan air susu (susu jahe). Diminum 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.
  1. d.      Masuk Angin. 
Caranya: 3 rimpang jahe sebesar ibu jari yang sudah dibakar dan dimemarkan dimasukkan ke dalam 2 gelas air dan beri gula aren secukupnya. Didihkan kurang lebih 15 menit hingga airnya tersisa separuhnya. Saring dan minum selagi hangat. Lakukan 2 kali sehari.
  1. e.      Reumatik.
Caranya: 3 rimpang jahe dibakar dan dicuci kemudian diparut. Tempelkan parutan tersebut pada bagian tubuh yang diserang reumatik.
  1. 3.        KUNYIT
         Manfaat: 
  1. a.        Memperlancar Asi
Caranya: rimpang kunyit ditumbuk hingga halus kemdian dibalurkan di seputar payudara pada masa awal menyusui.
  1. b.        Haid tidak lancar
Caranya: 2 rimpang kunyit, 1/2 sendok teh ketumbar, 1/2 sendok teh biji pala, 1/2 genggam daun srigading. Semua bahan ditumbuk jadi satu sampai halus, direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring dan didinginkan. Lalu diminum 1 gelas sehari.
  1. c.         Diabetes mellitus
Caranya: 3 rimpang kunyit dan 1/2 sendok teh garam direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian saring dan diinginkan. Minum 1/2 gelas 2 kali seminggu.
  1. d.        Tifus
Caranya: 2 rimpang kunyit, 1 bonggol sere, 1 lembar daun sambiloto, ditumbuk halus dengan 1 gelas air hangat, aduk sampai rata kemudian disaring. Airnya diminum 1 kali sehari selama 1 minggu.
  1. e.      Amandel
Caranya: 1 rimpang kunyit, 1 butir jeruk nipis, 2 sendok kunyit diparut, jeruk diperas dan diambil airnya, kemudian dicampur dengan madu dan 1/2 gelas air hangat. Diaduk sampai rata dan disaring. Minum secara rutin selama 2 hari sekali.
  1. 4.        KENCUR 
Manfaat:
  1. a.         Obat Alami Influenza Dan Batuk Bagi Bayi. 
Caranya: 1 rimpang sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus ditumbuk halus ditambah beberapa sendok air hangat. Kemudian oleskan di seputar hidung si bayi. Untuk batuk: rimpang dibersihkan kulitnya lalu diparut dan diperas, ambil sarinya. Tambahkan 1 sendok air hangat lalu diminumkan.
b.  Obat batuk.
Caranya: 1 rimpang diparut dan ditambahkan 2 gelas air hangat kemudian diperas dan disaring, tambahkan garam secukupnya. Diminum selagi hangat 1-3x sehari. Bisa juga dengan langsung dikunyah (bila tahan pedes dan baunya) dengan diambil sarinya dan ampasnya dibuang.
c. Menurunkan Berat Badan Dan Melangsingkan Tubuh.
Caranya: 2 rimpang dibersihkan lalu diparut diambil sarinya, tambahkan madu secukupnya. Diminum setiap pagi dan malam.
d. Obat sakit kepala.
Caranya: 2-3 lembar daunnya ditumbuk sampai halus, dioleskan sebagai kompres pada dahi.
e. Diare.
Caranya: 2 rimpang sebesar ibu jari diparut, tambahkan 1 gelas air hangat dan garam secukupnya, diperas dan disaring, ambil sarinya. Oleskan pada perut sebagai bedak.
f. Menghilangkan lelah.
Caranya: 1 rimpang besar, 2 sendok beras digoreng tanpa minyak (sangan;Jawa) dan 1 biji cabe merah. Semua bahan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Minum selagi hangat secara berulang-ulang. Untuk pria bisa ditambah lengkuas secukupnya.
5.   DAUN SALAM                    
Manfaat:
a)        Obat diare.
Caranya: cuci 15 lembar daun salam segar samapi bersih. Tambahkan 2 gelas air, lalu rebus sampai mendidih (selama 15 menit). Selanjutnya masukkan sedikit garam. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus.
b)       Obat Kencing Manis/Diabetes Mellitus.
Caranya: Cuci 7-15 lembar daun salam segar, lau rebus dalam 3 gelas air samapai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus sebelum makan. Lakukan sehari 2 kali.
c)        Obat asam urat.
Caranya: Ambil 10 lembar daun salam segar, rebus dengan 4 gelas air hingga bersisa 2 gelas. Kemudian saring. Minum selagi hangat.
d)       Menurunkan kadar kolesterol darah yang tinggi.
Caranya: Cuci 10-15g daun salam segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus di malam hari. Lakukan pengobatan ini setiap hari. Resep 2 : 7 lembar daun salam segar + 30 g daun ceremai segar direbus dengan air 6 gelas hingga tersisa 3 gelas. Saring dan minum selagi hangat, pagi dan sore masing-masing.
e)        Obat radang lambung.
Caranya: 30g salam segar + 30g daun sambiloto kering direbus dgn 600cc air hingga tersisa 300cc air, saring, tambahkan gula batu, minum selagi hangat masing2 150cc, minum pagi dan sore.
f)         Obat hitertensi/menurunkan tekanan darah tinggi.
Caranya: Cuci 7-10 lembar daun salam sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.
g)        Obat eksim.
Caranya: ambil 10 lembar daun salam segar dan 25 gram kunyit. Tumbuk sampai halus, lalu tambahkan air sedikit dan garam secukupnya. Oleskan pada bagian kulit yang sakit.
h)       Obat sakit maag.
Caranya: daun salam segar sebanyak 15-20 lembar dicuci bersih. Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh dilambung hilang.
i)         Obat mabuk alkohol.
Caranya: cuci 1 genggam buah salam masak sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Peras dan saring, lalu air yang terkumpul diminum sekaligus.
j)         Obat kudis, gatal-gatal.
Caranya: cuci daun, kulit, batang, atau akar salam seperlunya sampai bersih, lalu giling halus sampai menjad adonan, seperti bubur. Balurkan ke tempat yang sakit, kemudian di balut.
6.        JAMBU BIJI
Jambu biji juga memiliki khasiat. Daunnya dapat digunakan untuk mengatasi penyakit buang air atau diare. Fungsi daunnya mampu membuat keras feses sehingga mengurangi buang air besar. Jus buahnya juga baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin C serta baik untuk penderita demam seperti DBD.
Pemanfaatan :
1.        Diabetes Mellitus
Bahan: 1 buah jambu biji setengah masak Cara membuat: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore
2.        Maag
Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar. Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.
3.        Sakit Perut (Diare dan Mencret)
Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.
4.        Sakit Perut Atau Diare Pada Bayi Yang Masih Menyusui
Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya. Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut, airnya ditelan dan ampasnya dibuang.
5.        Masuk Angin
Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
6.        Beser (Sering Kencing) Berlebihan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk
 beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa). Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring. Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.
7.        Prolapsisani
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.
8.        Sariawan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji. Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya. Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.
9.        Sakit Kulit
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga jambu biji. Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus. Cara menggunakan: untuk menggosok bagian kulit yang sakit.
10.   Obat Luka Baru
Bahan: 3 pucuk daun jambu biji. Cara membuat: dikunyah sampai lembut. Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengelurkan darah terus menerus.
7.        JERUK NIPIS
a.      Amandel
Bahan : 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang kunyit sebesar ibu jari diparut dan 2 sendok makan madu; Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil aimya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan madu dengan ditambah 1/2 gelas air, diaduk sampai merata, dan disaring; Cara menggunakan: diminum 2 hari sekali secara teratur.
b.      Malaria
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 sendok makan kecap, garam secukupnya; Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya dan disaring; Cara menggunakan: diminum tiap pagi menjelang sarapan.
c.       Ambeien
Bahan: 2 - 4 potong akar jeruk nipis; Cara membuat: direbus dengan 1 1/2 liter air sampai mendidih hingga tinggal 1 liter, kemudian disaring; Cara menggunakan : diminum setiap sore secara teratur.
d.      Sesak Nafas
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 siung bawang merah, 1 butir telur ayam kampung, 1 sendok teh bubuk kopi, 1 potong gula batu, Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, bawang merah diparut kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan diseduh dengan air panas secukupnya, diaduk sampai merata, kemudian disaring; Cara menggunakan: diminum setelah makan pagi secara teratur.
e.      Influenza
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kayu putih, kapur sirih secukupnya; Cara membuat: jeruk nipis dipanggang sejenak dan diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahannya dan diaduk sampai merata, dan disaring; Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari secara teratur.
f.        Batuk
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 sendok kecap, garam secukupnya; Cara membuat: jeruk nipis diperis untuk diambil airnya, Cara menggunakan: diminum secara teratur 1 kali sehari selama sakit
g.      Sakit panas
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1/2 sendok minyak kelapa, 1 sendok minyak kayu putih, 2-4 siung bawang merah yang dihaluskan; Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dioplos dengan bahan lainnya sampai merata, Cara menggunakan: dipakai sebagai kompres dan obat gosok untuk dada dan punggung.
h.      Sembelit
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 2 - 4 siung bawang merah, 1 sendok minyak kayu putih, buah asam secukupnya, 2 sendok air masak; Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kemudian dicampur dengan bahan lainnya dan dihaluskan bersama-sama; Cara menggunakan: dioleskan di seluruh tubuh, terutama di seputar perut.
i.        Terlambat Datang Bulan
Bahan : 1 buah jeruk nipis, 2 rimpang kunyit sebesar ibu jari, kapur sirih dan garam secukupnya; Cara membuat: jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, kunyit diparut dan diperas untuk diambil airnya, kemudian semua bahan tersebut dicampur merata dan disaring; Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
j.        Perut Mules Pada Waktu Haid Datang Bulan 
Bahan: 1 buah jeruk nipis, 1 1/2 rimpang jahe sebesar ibu jari, 3 mata buah asam yang sudah masak, 1 potong gula kelapa; Cara membuat : jeruk nipis diperas untuk diambil airnya, jahe diparut, kemudian semua bahan tersebut dicampur dan diberi 3/4 gelas air masak dan disaring; Cara menggunakan: diminum pada hari pertama haid.
k.      Disentri
Bahan: 2 potong akar jeruk nipis; Cara membuat: direbus dengan 2 1/2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring; Cara menggunakan: diminum 1 kali sehari.
8.   MENTIMUN
Kegunaan:
·         Tekanan darah tinggi.
·         Sariawan.
·         Demam.
·         Jerawat.
·         Membersihkan muka berminyak.
·         Membersihkan ginjal.
Pemakaian: 
 Untuk minum: Secukupnya diparut atau dimakan mentah. 
Pemakaian luar: Buah secukupnya dicuci bersih lalu diparut. Dipakai untuk kompres pada demam, dibubuhkan pada luka, luka bakar, bercak noda di kulit, jerawat, membersihkan kulit muka yang berminyak dan mengurangi kulit yang gatal.
Cara Pemakaian:
1.   Takanan darah tinggi:  2 buah ketimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.
2.   Sariawan: Setiap hari makan buah ketimun sebanyak 9 buah. Lakukan secara  rutin.
3.   Membersihkan ginjal:  Ketimun segar dicuci lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring. Airnya diminum sedikit demi sedikit sampai lambung  terbiasa menerima cairan ketimun.
4.   Demam: Ketimun secukupnya dicuci bersih, lalu diparut. Hasil parutannya  diletakkan di atas perut.
5.   Jerawat: Buah ketimun dicuci lalu diiris-iris.  lrisan ketimun ditempelkan dan digosok-gosok pada kulit yang  berjerawat. Lakukan setiap hari.
  1. 9.        KUMIS KUCING
Nama daerah: Kumis ucing; Brengos kucing; Songot koceng; Remujung; Sesaseyan. Tumbuhan berbatang basah, tinggi sampai 1,5 m, daunnya berbentuk bulat telur, bunganya berwarna putih seperti kumis kucing, batangnya berbentuk empat persegi dan mudah di patahkan. Tumbuh liar diladang, di tepi sungai dan di tempat-tempat yang tanahnya agak lembab sampai ketinggian 700 m diatas permukaan laut, ada juga yang ditanam sebagai tanaman hias. Bagian tanaman yang digunakan Seluruh bagian tumbuhan. Kandungan kimia: Genkosid orthosifonin; Zat lemak; Minyak atsiri; Minyak lemak; Saponin; Sapofonin; Garam kalium. Khasiat: Anti inflamasi; Diuretik. Nama simplesia: Orthosiphonis Herba
Resep tradisional:
  1. a.      Susah Kencing
Daun kumis kucing segar 1/4 genggam; Air 1 gelas, Direbus hingga memperoleh cairan 1/2 gelas, Diminum setiap hari 2 kali dan tiap kali minum 1/2 gelas
  1. b.      Batu Ginjal
Herba kumis kucing 6 g; Herba meniran 7 pohon; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 2 kali sehari; tiap kali minum 100 ml
  1. c.       Kencing Manis 
Daun kumis kucing 20 helai; Daun sambiloto 20 helai; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 1 kali sehari; 100 ml
  1. d.      Sakit Pinggang
Daun kumis kucing segar 1 genggam; Kulit batang pepaya seluas 4 cm2; Air 110 ml, Dibuat infus, Diminum 1 kali sehari 100 ml
 
10.        BUAH KIWI
Manfaat
1. Mencegah Oestoporosis : Kaya akan kandungan kalsium sebanyak 26 mg, juga dapat mencegah cacat tulang belakang pada bayi, mendorong perkembangan otak, dan kognitif anak-anak.
2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi : Zat arginin bersifat penurun tekanan darah dan membantu meningkatkan aliran darah.
3. Mencegah Kanker : Peranana vitamin C dan E dalam kiwi berfungsi sebagai antioksidan, zat penangkal radikal bebas penyebab penuaan dini dan pencegah sel kanker, begitu pula adanya zat lutein.
4. Menjaga Kesehatan Kulit : Kandungan Folate 38 mg dalam buah kiwi sangat penting fungsinya untuk memproduksi dan menjaga sel-sel yang baru.
5. Membantu Memperlancar Pencernaan : Kiwi sangat cocok bagi mereka yang sedang menjalankan program diet karena mengandung serat alami. 
Nutrisi, Nilai Per 100 Gram Porsi Makanan:
Air, 83.05 g 
Energi, 61 kcal 
Energi, 255 kj 
Protein, 0.99 g 
Total Lemak, 0.44 g 
Karbohidrat, 14.88 g 
Serat, 3.4 g 
Ampas, 0.64 g 
 
11.   ALANG-ALANG
Tumbuhan alang – alang yang sering kita lihat itu, sebenarnya mampu menjadi obat bagi berbagai macam penyakit. sebab setelah dilakukan pengujian pada tumbuhan alang – alang banyak ditemukan kandungan kimiawi yang berguna untuk tubuh kita.
Kandungan itu antara lain: manitol, glukosa, sakharosa, malic acid, citric acid, coixol, anindom dan masih banyak lagi lainnya. Bagian daun dan akar alang – alang dapat digunakan ketika masih segar ataupun yang telah dikeringkan.
Dari hasil pengujian ternyata tumbuhan yang juga disebut ilalang ini mempunyai efek farmakologis atau dengan kata lain tumbuhan ini mempunyai sifat: anti piretik/menurunkan panas, hemostatik/menghentikan pendarahan, menghilangkan haus, diuretic/peluruh kemih dan masuk kedalam meridian paru-paru, lambung juga usus kecil.
Sedangkan jika ingin dijadikan obat untuk berbagai penyakit anda bisa memprosesnya sendiri dengan mudah, seperti contoh dibawah ini:
  1. a.      Alang – Alang untuk obat Radang Ginjal Akut
Caranya: Ambil dan cuci sampai bersih 60-120 gram akar segar, lalu dipotong-potong seperlunya dan rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa hanya tinggal 1 gelas. Setelah itu diminum untuk 2 sampai 3 secara rutin.
  1. b.       Alang – Alang untuk obat Muntah Darah 
Caranya: 30 – 60 gram akar segar dari alang - alang dicuci bersih, lalu dipotong-potong seperlunya dan rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa hanya tinggal 1 gelas. Dapat diminum setelah dingin.
  1. c.       Alang – Alang Untuk Obat Kencing Nanah
Caranya: 300 gram akar segar dari alang – alang dicuci bersih, dipotong-potong seperlunya, lalu direbus dalam 2.000cc air bersih sampai tersisa tinggal 1.200cc, tambahkan gula batu secukupnya. Setelah itu dibagi menjadi 3 kali minum sebagai teh. Selama sepuluh hari.
  1. d.      Alang – Alang Untuk Obat Mimisan 
Caranya: akar segar dari alang – alang dicuci bersih, lalu ditumbuk dan diperas airnya sampai terkumpul 100cc setelah itu langsung diminum. Atau bisa juga dengan cara: ambil 30 gram akar segar dari alang – alang dicuci bersih, setelah itu direbus dalam 3 gelas air sampai tersisa hanya tinggal 1 gelas dan dapat lansung diminum 
 
 
12.         JERUK BALI
Sebutan di indonesia adalah jeruk bali, konon buah ini berasal dari negeri cina yang mana disebutkan dalam buku cina kuno. Buah yang sangat banyak kandungan kebaikan dalam kesehatan tubuh kita ternyata tidak hanya buahnya saja, melainkan bunga dan kayunya juga bisa dimanfaatkan. Di Vietnam, bunganya yang harum digunakan untuk membuat parfum, dan kayunya juga sering dimanfaatkan untuk gagang perkakas alat dapur.
Untuk manfaat buahnya antara lain :
1. Kesehatan Jantung & Anemia : Pektin yang mampu menurunkan kolesterol, likopen sebagai antioksidan & zat aktif fungsinya dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua di dalam tubuh dan menormalkan hematokrit.
2. Luka Lambung : Mengandung anti bakteri & antioksidan. Walaupun jus pomelo yang memiliki rasa asam, dan jus sebenarnya memiliki reaksi alkaline setelah pencernaan. Oleh karena itu bermanfaat dalam sistem pencernaan. Menurut Dr. Thomas Brzozowski, ketua penelitian, menyarankan agar para penderita tukak lambung memasukkan jeruk ke dalam diet mereka meski secara alamiah mengandung asam.
3. Kesehatan Gusi : kadar vitamin C, Hal ini diungkapkan Peneliti di Universitas Friedrich Schiller, Jerman, yang menemukan kaitan kesehatan gusi pada mereka yang banyak mengonsumsi jeruk bali.
4. Mencegah Kanker : kandungan likopen berperan sebagai antioksidan, kalium yang dapat menyahatkan prostat, bioflavonoid yang dapat menghentikan penyebaran sel-sel kanker payudara. 
Bagi perokok dianjurkan untuk mengosumsi jeruk bali dua helai dalam buah setiap hari, akibat tidak stabilnya molekul radikal bebas karena rokok dan polusi udara. Kandungan Gizi jeruk bali per 100 g :
1. Vitamin C: 44,8 mg 
2. Vitamin B1: 0,03 mg 
3. Vitamin B2: 0,03 mg 
4. Beta karotin 200 ug 
5. Kalsium 14,0 mg 
6. Besi 0,6 mg 
 7. Protein 0,7 g 
8. Lemak 0,3 g 
9. Carbohydrate 10,4 g 
10. Energi: 44,0 Kcal 
11. Air: 88,0 g
13.             GINSENG
Khasiat gingseng untuk kesehatan telah dikembangkan selama 7000 tahun. Pada zaman Kaisar Shen Nung (3500 SM), ginseng sudah dijuluki sebagai "rajanya obat". Sedangkan penelitian tentang ginseng pada tahun 2000 M di University of Toronto menunjukkan bahwa ginseng bisa menurunkan gula darah 20% lebih dari placebo. Dan salah satu ginseng yang paling terkenal di dunia ialah ginseng Korea atau Panax ginseng C.A. Meyer. 
Manfaat dari tanaman ginseng antara lain :
Akarnya : mengurangi kelelahan, meningkatkan stamina, memperbaiki kondisi mental dan gangguan kejiwaan, meningkatkan pengeluaran cairan tubuh dan mencegah diabetes, menguatkan sistem pencernaan, mencegah iritasi, meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung polisakarida merupakan zat yang membantu meningkatkan sistem imun. memperlancar peredaran darah pada sistem saraf dan membantu mengencerkan darah dan mengeluarkan racun.
Daunnya : dapat digunakan untuk olahan makanan.   Kandungan gizi ginseng : komponen aktif, antara lain ginsenosida, polisakarida, dan panaxans.Dalam hal penelitian ilmiah modern, ginseng dikenal menjadi adaptogen. Adaptogen adalah zat yang membantu tubuh untuk memulihkan diri untuk kesehatan dan bekerja tanpa efek samping bahkan jika dosis yang direkomendasikan secara luas terlampaui. Ginseng karena efek adaptogen yang banyak digunakan untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan energi dan daya tahan, mengurangi fatique dan efek stres dan mencegah infeksi.
  1. 14.             LIDAH BUAYA 
Aloe Vera atau lebih dikenal dengan sebutan lidah buaya adalah tanaman tropis sukulen yang memiliki bentuk seperti daun berdaging. Daun ini memiliki banyak manfaat, baik sebagai obat maupun untuk kosmetik.
Lidah buaya merupakan tanaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans,antrakuinon, dan berbagai lektin. Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal.
Zat-zat tersebut termasuk enzim yang membantu pencernaan dan mengurangi peradangan, semua jenis vitamin terkecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, gula rantai panjang untuk menyeimbangkan kembali sistem pencernaan; saponin yang berfungsi sebagai anti-mikroba, dan 20 dari 22 jenis asam amino.
Berikut ini adalah sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh dari lidah buaya :
  1. 1.      Detoksifikasi.
Jus lidah buaya adalah peluruh racun alami, tetapi juga mengandung beragam vitamin dan mineral yang membantu tubuh kita mengatasi stres dalam kehidupan sehari-hari.
  1. 2.      Gangguan pencernaan.
 Lidah buaya berguna terutama pada kasus panas perut serta iritasi usus dan tukak lambung. Lidah buaya diketahui dapat menenangkan esofagus dan mengatasi refluks asam.
  1. 3.      Kesehatan mulut.
Lidah buaya sangat bermanfaat untuk masalah mulut dan gusi, terutama dalam memperbaiki gusi yang memburuk.
  1. 4.      Perawatan kulit.
Fungsinya juga menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, serta perbaikan dan peremajaan kulit.
  1. 5.      Diabetes.
Setengah sendok jus lidah buaya yang diberikan selama 14 minggu terbukti mengurangi kadar gula darah sebesar 45 persen.
  1. 6.      Membantu gerakan usus.
Aloe lateks mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang bermanfaat sebagai obat pencahar yang kuat.
  1. 7.      Menjaga berat badan.
Jus lidah buaya telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan berat badan.
  1. 8.      Kekebalan.
Lidah buaya merupakan antioksidan yang penuh kontra radikal bebas untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  1. 9.      Luka bakar. 
Gel lidah buaya dapat menyembuhkan dan memperbaiki kulit yang terkena luka bakar, termasuk luka bakar akibat paparan sinar matahari.
10. Ketombe. 
Lidah buaya dapat membantu mengurangi gatal dan ketombe. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk perawatan rambut sebelum keramas.
  1. 15.   JENIS BUNGA
  2. a.        Mawar  
Bagian yang digunakan adalah akar dan daunnya
Khasiat :
  • Anti bakteri, antinyeri, dan anti radang dari akar dan daun yang segar atau dikeringkan.
  • Akar mawar juga bisa digunakan sebagai obat untuk keputihan; dengan cara direbus dan diminum airnya.
  • Daun mawar segar direbus dan air rebusannya dapat digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan rematik.
  1. b.        Kana 
Bagian yang digunakan adalah akar rimpang atau umbi akar dan bunga kering
 Khasiat :
  • Obat luar : Dengan cara rimpang segar ditumbuk halus lalu tempelkan pada luka.
  • Obat hepatitis akut : Dengan cara meminum air rebusan rimpang segar selama 47 hari.
  • Obat haid : Bunganya yang kering direbus, disaring, dan minum airnya.
  • Keputihan : Rimpang kering ditim bersama beras ketan dan diminum airnya.
  • Wasir : Rimpang segar diiris, direbus hingga air tinggal setengahnya, lalu diminum.
  1. c.         Kaca Piring
Bagian yang digunakan adalah daun segar
Khasiat :
  • Daunnya yang segar dihaluskan, tambahkan sedikit air matang, lalu disaring. Gunakan sebagai obat kumur untuk penderita sariawan.
  1. d.        Kembang Sepatu
Bagian yang digunakan adalah daun dan bunga
Khasiat :
  • Daun kembang sepatu segar dapat dimanfaatkan untuk obat sakit perut dan demam. Rebus dan minum airnya. Khasiatnya bisa juga diambil dari daun dan bunga yang sudah dikeringkan. Gunakan daun dan bunga kering ini seperti menyduh daun teh.
  1. e.        Mondokaki
Bagian yang digunakan adalah akar, kulit kayu, dan daun kering atau segar
Khasiat : Untuk mengobati sakit tenggorokan, batuk, batu ginjal, tekanan darah tinggi, dan radang payudara dengan cara merebus akar, kulit kayu atau daunnya, lalu airnya diminum.
  1. f.          Kemboja 
Bagian yang digunakan adalah getah
Khasiat : Untuk mengobati sakit gigi.
  1. g.        Bokor
Bagian yang digunakan adalah bunga atau akar segar dan kering
Khasiat : Antiradang, antimalaria, dan obat sakit tenggorokan; dengan cara merebus bunga atau akarnya, lalu airnya diminum.
  1. h.        Kastuba atau Euphorbhia 
Bagian yang digunakan adalah bunga dan daun segar
Khasiat :
  • Bunga segar direbus, diminum airnya untuk memperlancar ASI.
  • Daunnya dilumatkan dengan sedikit air matang, lalu dioleskan sebagai obat luka, memar, dan radang kulit.
Komentar
  1. Wellem Yordan mengatakan:

    Obat trdisional memang sangat bagus dikonsumsi, bahan alami yg terkandung didalamnya efek sampingnya tidak membahayakan kalau dikonsumsi sesuai dosisnya, terimakasih.

  2. Omer mengatakan:

    Sip Bang

  3. Shofwatul AF mengatakan:

    sip bang, makasih atas infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s